Kamis, 02 Agustus 2012


Dasar-dasar Membuat Java

Cara termudah untuk membuat thread adalah membuat kelas turunan dari java.lang.Thread, yang memiliki semua metode untuk membuat dan menjalankan thread. Metode paling penting adalah run(), yang bisa kita beban-lebihkan untuk melakukan tugas yang kita butuhkan. Atau dengan kata lain run() adalah metode yang akan dijalankan bersamaan dengan thread lain.


Contoh berikut membuat 5 thread, masing-masing memiliki nomor identifikasi unik yang dibuat dengan menggunakan variabel statik. Metode run() dibebanlebihkan untuk menghitung mundur hingga hitungMundur bernilai nol. Setelah metode run() selesai dijalankan, thread akan mati secara otomatis.


(Contoh-contoh pada bagian ini bisa diunduh untuk diimport ke dalam Eclipse. Lihat akhir halaman ini untuk tautannya)


package com.lyracc.threaddasar1;


public class ThreadDasar extends Thread {
    private int hitungMundur = 5;
    private static int jumlahThread = 0;


    public ThreadDasar() {
      super("Thread ke-" + ++jumlahThread);
      start();
    }


    public void run() {
      while (true) {
        System.out.println( getName() + " : " + hitungMundur );
        if (--hitungMundur == 0)
            return;
      }
    }


    /**
     * @param args
     */
    public static void main(String[] args) {
        for(int i = 0; i < 5; i++)
            new ThreadDasar();
    }
}
Pada contoh program di atas, objek thread diberi nama melalui argumen pada konstruktornya. Nama ini dipanggil ketika metode run() melakukan penghitungan mundur, yaitu dengan menggunakan metode getName().





Metode run() pada thread biasanya memiliki perulangan internal yang akan terus menerus dipanggil hingga tidak lagi digunakan. Kita harus membuat suatu kondisi sehingga bisa keluar dari perulangan tersebut (misalnya pada contoh di atas, perulangan akan selesai jika hitungMundur bernilai 0). Seringkali, run() dijalankan di dalam perulangan yang tak pernah berhenti (kita akan lihat nanti bagaimana menghentikan suatu thread dengan aman).


Pada metode main(), thread dibuat beberapa kali kemudian dijalankan. Metode start() pada kelas Thread digunakan untuk melakukan tugas tertentu sebelum metode run() dijalankan. Jadi, langkah-langkahnya adalah : konstruktor dipanggil untuk membuat objek, kemudian memanggil start() untuk melakukan konfigurasi thread, dan kemudian metode run() dijalankan. Jika kita tidak memanggil start() maka metode run() tidak akan pernah dijalankan.


Keluaran dari program ini akan berbeda setiap kali dijalankan, karena penjadwalan thread tidak dapat ditentukan dengan pasti (non-deterministik). Bahkan, kita bisa melihat perbedaan yang sangat jelas ketika kita menggunakan versi JDK yang berbeda. Misalnya, JDK lama tidak melakukan pembagian waktu lebih cepat, artinya, 1 thread mungkin bisa melakukan tugasnya dengan cepat hingga selesai sebelum thread lain dijalankan. Pada JDK lain kita akan melihat program akan mencetak 5 untuk seluruh thread hingga 1 untuk seluruh thread. Artinya pembagian waktunya lebih baik, karena setiap thread memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan program. Karenanya, untuk membuat suatu program multi-threading, kita tidak boleh terpaku pada keluaran suatu kompiler. Program kita harus dibuat seaman mungkin.


Ketika objek Thread dibuat pada metode main(), kita lihat bahwa kita tidak menyimpan referensi ke objek tersebut. Pada objek biasa, tentunya objek ini akan langsung ditangkap oleh pemulung memori karena objek ini tidak direferensikan di manapun. Akan tetapi pada thread, objek hanya bisa diambil oleh pemulung memori jika metode run() selesai dijalankan. Pada contoh di atas, program masih bisa berjalan seperti biasa, dan objek Thread akan diberikan kepada pemulung memori setelah mencetak angka 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar